Diskusi Umum
FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DRAF MODEL PENGEMBANGAN PROGRAM BP PAUD DAN DIKMAS BALI

BP PAUD Dan Dikmas Bali mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Draf Model. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari tahapan Pengembangan Program PAUD dan Dikmas setelah FGD Penyusunan Draf Model. Pengembangan dilaksanakan sebagai upaya merancang pembelajaran dan manajemen PAUD dan Dikmas agar lebih inovatif, efektif, efisien dan praktis. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kasi Pengembangan Program dan SDM, Made Kusuma Wardani, SH.,M.Pd.H yang dilaksanakan di ruang sidang BP PAUD dan Dikmas Bali, Jln. Ahmad Yani No. 192, Peguyangan, Denpasar selama 4 (empat) kali dengan rincian seperti berikut : 1) Senin, 16 Juli 2018 (Pengembangan Program Pendidikan Kesetaraan), 2) Selasa, 17 Juli 2018 (Pengembangan Program Pendidikan Keaksaraan), 3) Rabu, 18 Juli 2018 (Pengembangan Program PAUD), 4) Senin, 23 Juli 2018 (Pengembangan Program Pendidikan Keluarga.

Focus Group Discussion (FGD) Draf Model bertujuan menyiapkan draf model dan perangkat pendukung model yang terdiri atas draf model program baru beserta perangkat pendukungnya. Kemudian tahapan ini mempersiapkan model komponen program (parsial) beserta petunjuk penggunaannya, menyiapkan instrumen yang digunakan untuk menilai panduan dan perangkat pendukung model yang telah dikembangkan, menyiapkan jadwal pelaksanaan kegiatan pengembangan serta diskusi ini dilakukan untuk menentukan pihak yang akan dimintai penilaian dan masukan atas draf model dan panduannya. Dalam diskusi ini, Tim Pengembang memaparkan garis besar draf model beserta perangkat model yang dikembangkan. Kemudian peserta mempelajari serta memberikan penilaian dan saran atas model dan perangkat model yang dikembangkan.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat menghimpun masukan/menyerap aspirasi dari berbagai pihak (masyarakat, pakar, praktisi dan akademisi) dalam upaya penyempurnaan kualitas model yang dikembangkan yaitu terkait Hasil Studi Pendahuluan yang dilaksanakan. Hasil studi tersebut kemudian diberikan penilaian dan masukan dari narasumber dan peserta. Kegiatan ini diharapkan berkontribusi memberikan penilaian dan masukan yang konstruktif terhadap model yang akan dikembangkan. Hal tersebut dimaksudkan agar model yang akan dikembangkan memberikan kontribusi dalam perkembangan pembelajaran inovatif dan kreatif pada ranah pendidikan PAUD dan Dikmas (Adistana).

BP PAUD Dan Dikmas Bali mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Draf Model. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari tahapan Pengembangan Program PAUD dan Dikmas setelah FGD Penyusunan Draf Model. Pengembangan dilaksanakan sebagai upaya merancang pembelajaran dan manajemen PAUD dan Dikmas agar lebih inovatif, efektif, efisien dan praktis. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kasi Pengembangan Program dan SDM, Made Kusuma Wardani, SH.,M.Pd.H yang dilaksanakan di ruang sidang BP PAUD dan Dikmas Bali, Jln. Ahmad Yani No. 192, Peguyangan, Denpasar selama 4 (empat) kali dengan rincian seperti berikut : 1) Senin, 16 Juli 2018 (Pengembangan Program Pendidikan Kesetaraan), 2) Selasa, 17 Juli 2018 (Pengembangan Program Pendidikan Keaksaraan), 3) Rabu, 18 Juli 2018 (Pengembangan Program PAUD), 4) Senin, 23 Juli 2018 (Pengembangan Program Pendidikan Keluarga. Focus Group Discussion (FGD) Draf Model bertujuan menyiapkan draf model dan perangkat pendukung model yang terdiri atas draf model program baru beserta perangkat pendukungnya. Kemudian tahapan ini mempersiapkan model komponen program (parsial) beserta petunjuk penggunaannya, menyiapkan instrumen yang digunakan untuk menilai panduan dan perangkat pendukung model yang telah dikembangkan, menyiapkan jadwal pelaksanaan kegiatan pengembangan serta diskusi ini dilakukan untuk menentukan pihak yang akan dimintai penilaian dan masukan atas draf model dan panduannya. Dalam diskusi ini, Tim Pengembang memaparkan garis besar draf model beserta perangkat model yang dikembangkan. Kemudian peserta mempelajari serta memberikan penilaian dan saran atas model dan perangkat model yang dikembangkan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat menghimpun masukan/menyerap aspirasi dari berbagai pihak (masyarakat, pakar, praktisi dan akademisi) dalam upaya penyempurnaan kualitas model yang dikembangkan yaitu terkait Hasil Studi Pendahuluan yang dilaksanakan. Hasil studi tersebut kemudian diberikan penilaian dan masukan dari narasumber dan peserta. Kegiatan ini diharapkan berkontribusi memberikan penilaian dan masukan yang konstruktif terhadap model yang akan dikembangkan. Hal tersebut dimaksudkan agar model yang akan dikembangkan memberikan kontribusi dalam perkembangan pembelajaran inovatif dan kreatif pada ranah pendidikan PAUD dan Dikmas (Adistana).
24
0
1
pratinjau langsung
masukkan minimal 10 karakter
PERINGATAN: Anda menyebutkan% MENTIONS%, tetapi mereka tidak dapat melihat pesan ini dan tidak akan diberi tahu
Penghematan...
Disimpan
Dengan terpilih batalkan pilihan posting tampilkan posting yang dipilih
Semua posting di bawah topik ini akan menjadi dihapus ?
Draf yang tertunda ... Klik untuk melanjutkan pengeditan
Buang draf